Mengatur List Label Blog Agar Menjadi Dua/Tiga Baris

Setiap blogger pastinya bebas untuk menampilkan sesuka hati widget apa saja di blognya. Di antara sekian banyak jenis widget yang terpasang di blog, salah satu yang cukup populer adalah widget label (kategori). Bagi penyuka blog simpel atau blog dengan loading cepat, keberadaan widget ini biasanya tidak digunakan karena khawatir membuat loading blog menjadi semakin lambat.

Akan tetapi bagi sebagian blogger yang menginginkan agar tampilan blognya menjadi ramai, memasang widget label ini bisa menjadi navigasi penting agar blog mudah digunakan oleh pembaca saat mencari berbagai topik artikel menarik sesuai kategori di blog tersebut.

Widget ini sebetulnya cukup membantu bagi pengunjung yang mungkin tertarik pada bahasan tertentu pada blog yang dia baca. Misalnya saat pengunjung tersebut sedang mencari berbagai hal kaitannya dengan tutorial blogging untuk ia terapkan di blog miliknya sendiri, widget ini akan sangat memudahkan dia dalam memilih jenis kategori artikel tutorial yang diinginkan. Sedangkan bagi pemilik blog tersebut, ia telah memudahkan pengunjungnya sehingga besar kemungkinan blognya akan semakin disukai oleh pembaca-pembaca setianya. 

Pada umumnya tampilan widget label ini biasanya ada yang berbetuk list atau daftar berurut ke bawah dan ada pula berbentuk cloud seperti tombo-tombol kotak berjajar menyamping. Untuk label berbentuk cloud, biasanya memang tampilannya lebih menarik karena bisa dimodifikasi dengan efek-efek tertentu seperti berkedip, warna-warni atau efek animasi lainnya sehingga seperti bergerak hidup.

Sedangkan untuk label berbentuk list, tampilannya memang standar biasa-biasa saja. Hanya berbentuk daftar kategori yang berurutan ke bawah tergantung jumlah kategori di blog tersebut. 

Membuat label blog menjadi 2/3 baris

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi sedikit trik untuk mengatur widget label berbentuk daftar (list). Seperti disebutkan di atas, widget label berbentuk list ini tampilannya akan berurutan ke bawah sampai jumlah label dimunculkan semua. Saat jumlah label di blog tidak begitu banyak, seperti tidak lebih dari lima kategori, mungkin ini akan oke-oke saja karena tidak begitu mempengaruhi tampilan tema di blog tersebut. Namun saat jumlah kategori di blog ada banyak, sampai 20 label misalnya, maka akan ada ruang kosong karena label terlalu memanjang ke bawah, baik itu label di sidebar atau pun di area footer, sehingga tampilan blog jadi kurang enak untuk dipandang. 

Oleh karenanya, salah satu trik untuk membuat daftar label tersebut agar tidak terlalu memanjang ke bawah adalah dengan mengaturnya agar daftar label tersebut terbagi ke dalam dua atau tiga baris, sehingga tidak ada ruang kosong yang ditinggalkan. Dengan begitu, maka tampilan blog akan tetap proporsional dengan tema blog tersebut. Sebagai ilustrasi, berikut adalah tampilan label yang belum diatur sehingga daftar label memanjang ke bawah:

Label memanjang ke bawah

Sedangkan di bawah ini adalah contoh tampilan daftar label yang sudah diatur menjadi dua baris atau pun tiga baris, sehingga tampilannya menjadi lebih proporsional.
Label menjadi 2/3 baris

Bagaimana cara mengatur agar menjadi demikian?. Berikut tutorial mudahnya.

1. Buka akun blogger anda.

2. Pastikan widget label blog anda diatur ke bentuk list (bukan cloud)

List


3. Pilih menu tema dan klik edit html.

4. Cari kode </style> atau  ]]></b:skin>.

Jika anda ingin tampilan list label menjadi dua baris, letakkan kode berikut ini di atas kode </style> atau  ]]></b:skin>

#Label1 li {
    float:left;
    width:50%;
    }
 #Label2 li {
    float:left;
    width:50%;
    } 

Atau jika anda ingin mengaturnya menjadi tiga baris, maka silahkan pakai kode berikut ini dan letakkan di atas kode </style> atau  ]]></b:skin>

#Label1 li {
    float:left;
    width:33%;
    }
 #Label2 li {
    float:left;
    width:33%;
    } 

Keterangan: kedua pengaturan di atas menggunakan presentase untuk mengatur jumlah baris berdasarkan ketersediaan ruang untuk tampilan widget label. 

5. Simpan kembali template blog anda dan lihat hasilnya. 

Demikianlah Cara Mengatur List Label Blog Agar Menjadi Dua/Tiga Baris. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait