Mengalihkan (Redirect) Halaman Error 404 Menuju Homepage Blog

Seperti yang telah saya ulas pada artikel sebelumnya, halaman error 404 memang sebaiknya segera diatasi agar tidak semakin berdampak buruk bagi perkembangan suatu web/situs blog. Selain jelek di mata mesin pencari seperti google, bing, dsb, halaman error juga tidak disukai oleh visitor (pengunjung) karena seakan menipu mereka dengan halaman kosong yang tidak ada isinya. 

redirect error ke homepage

Seperti yang juga pernah saya singgung pada artikel sebelumnya, halaman error 404 bisa terjadi karena beberapa sebab. Munculnya halaman error 404 not found bisa terjadi karena kesalahan disengaja atau bisa juga tidak disengaja, bisa karena kesalahan sendiri atau pun bisa juga karena apa yang dilakukan orang lain. Saya harap anda sudah paham tentang ini. Oleh karenanya, sebagai pengelola blog kita memang harus senantiasa memantau kesehatan blog kita. 

Lagi-lagi seperti yang juga pernah saya uraikan pada artikel sebelumnya, munculnya halaman error 404 di blog sebetulnya bisa kita siasati dengan membuat background halaman unik nan keren. Fungsi tampilan background ini yaitu agar pengunjung tidak kecewa sekaligus mengajak mereka agar mau kembali ke halaman blog kita yang tidak bermasalah. Jika anda ingin memasangnya, silahkan baca: Cara Membuat Tampilan Halaman Error 404 di Blog Menjadi Keren

Namun selain mengubah halaman error dengan tampilan keren tersebut, sebetulnya ada cara lain untuk mengatasi persoalan munculnya halaman error ini. Salah satu yang juga sering dipakai oleh beberapa blogger adalah mengalihkan (redirect) halaman error tersebut agar secara otomatis menuju homepage blog. Jadi intinya pengunjung yang membuka halaman error tersebut akan langsung dialihkan menuju halaman beranda blog. 

Cara ini terbilang lebih efisien karena setiap halaman error tidak bakal muncul karena halaman akan langsung dialihkan menuju halaman muka blog. Bagaimana cara membuatnya seperti itu?, simak langkah-langkah di bawah ini. 

Cara Redirect Halaman Error 404 Menuju Homepage Blog
1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih menu setting (setelan) dan cari pengaturan “Errors and Redirects”

error and redirects

3. Pilih Custom 404 dan masukkan script berikut ini pada kotak yang tersedia. 
<script type = “text/javascript”>
marikita_redirect = setTimeout(function() {
window.location.href = ‘https://santossalam.blogspot.com/’;

}, 10);
</script>
Keterangan:
  • Ganti Url di atas dengan Url/ alamat blog anda. 
4. Jika sudah diatur, silahkan klik save untuk menyimpan perubahan. 

save

Selain cara di atas, ada juga cara lain untuk mengalihkan halaman error 404 menuju homepage blog, yaitu dengan menambahkan kode javascript ke dalam html template. Caranya yaitu buka akun blogger ➡ pilih tema dan klik edit html ➡ cari kode </body> lalu letakkan dan simpan kode berikut ini di atasnya:
<b:if cond=’data:blog.pageType in {&quot;error_page&quot;}’>
<script>
setTimeout(function () {
window.location.replace(&quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;);
    });
</script>
</b:if>
Silahkan anda bisa pilih salah satu dari kedua cara di atas. Dengan melakukan ini, maka halaman error 404 yang diakses pengunjung pun secara otomatis langsung dialihkan menuju beranda blog. Anda juga bisa mengeceknya sendiri apakah tutorial di atas berhasil diterapkan dengan baik di blog anda. Selamat mencoba. 

Artikel Terkait