Memasang Script Anti Bom Klik Agar Adsense Tetap Aman

Jika blog anda dipasangi iklan adsense untuk dapat penghasilan, mungkin anda sering khawatir kalau-kalau ada orang tidak bertanggung jawab yang menjahili atau berbuat hal-hal yang dapat merugikan kita sebagai publisher adsense. Salah satu yang perlu diantisipasi dari hal tersebut adalah terjadinya bom klik. Aktivitas ini bisa diartikan sebagai tindakan mengklik iklan di blog secara berulang-ulang pada satu komputer yang memiliki satu IP address. Tujuan bom klik pada umumnya dilakukan untuk menghilangkan iklan AdSense pada blog tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana kerugian yang dialami oleh blog yang tertimpa kemalangan ini. 

Memasang script anti bom klik

Aktivitas bom klik, invalid click atau klik tidak sah memang momok yang menjadikan kekhawatiran bagi setiap publisher adsense. Tindakan ini merupakan kegiatan yang dilarang oleh AdSense, sehingga terjadinya bom klik (meski dilakukan oleh orang lain) bisa berdampak bagi blog yang memasang iklan adsense tersebut. Akibatnya, blog tersebut pun bisa dikenakan hukuman, baik sanksi ringan hingga yang terberat yakni penonaktifan akun AdSense. Ya, bom klik memang sangat berdampak bagi keamanan akun Google Adsense, sehingga sebisa mungkin kita mesti menjaga agar akun adsense kita tetap aman dari berbagai jenis pelanggaran yang terjadi, termasuk terjadinya bom klik. 

Sebab-Sebab Terjadinya Bom Klik

Banyak hal yang menjadi faktor terjadinya bom klik dan invalid click pada iklan Adsense. Pada umumnya, terjadinya bom klik bisa disebabkan hal-hal berikut ini:

1. Pengunjung Merasa Terganggu dengan Keberadaan Iklan

Jujur saja, memang kadang kala jumlah iklan berlebihan yang muncul di blog mengganggu pandangan saat membaca artikel di blog tersebut. Iklan-iklan tersebut biasanya menghalangi konten artikel sehingga pengunjung pun bisa jadi terganggu dengan keberadaan iklan yang terlalu banyak tersebut. Jika sudah kesal, tidak menutup kemungkinan mereka akan bertindak semena-mena meski tidak tahu dampak yang mereka lakukan. Oleh karenanya, hendaknya jumlah iklan disesuaikan dengan kebutuhan blog anda. 

2. Antara Konten dan Iklan Membingungkan

Memang tidak dipungkiri jika sebagian iklan memang didesain untuk memiliki bentuk sedemikian rupa agar bisa membaur dan selaras dengan isi blog kita. Namun ternyata hal yang demikian adakalanya bisa membuat pengunjung menjadi bingung yang mana konten dan yang mana iklan. Mungkin jumlah iklan terlalu banyak sehingga pengunjung pun bingung untuk membedakan di antara keduanya. Jika sudah bingung, mereka pun bisa saja klik sembarang pada iklan tersebut sehingga bom klik pun bisa terjadi. 

3. Pengunjung Tidak Suka dengan Blog Tersebut

Pengunjung blog bisa beraneka ragam. Ada yang suka dengan blog kita karena banyak memberi manfaat padanya, dan ada juga yang tidak suka dengan blog kita karena iri dengan kesuksesan kita misalnya. Jika hati sudah dikuasai rasa iri, maka ia pun akan berusaha untuk menjatuhkan blog kita bagaimana pun caranya, termasuk dengan melakukan tindakan tidak terpuji ini. Tapi meski demikian, hendaknya kita positif thingking saja terhadap apa yang terjadi di blog kita, biar Tuhan yang membalasnya. 

Mengantisipasi Terjadinya Bom Klik

Aktivitas yang tergolong bom klik (click fraud) ini memang bisa terjadi baik karena sengaja atau pun karena ketidaksengajaan, sehingga meski yang melakukan orang lain, kita sebagai publisher lah yang harus menanggungnya. Oleh karenanya, kita mesti berupaya untuk mengantisipasi hal itu, di antara hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasinya yaitu:
1. Membuat konten blog yang berkualitas

Artikel yang berkualitas pastinya akan membuat pengunjung menjadi lebih respek dan menghargai blog kita. Dengan mengambil manfaat dari artikel yang kita posting, mereka pun akan enggan untuk melakukan bom klik atau berbuat yang tidak baik terhadap blog kita, sehingga akun kita pun tetap aman dan terkendali. 

2. Jangan Terlalu Sering Share url blog di grup

Share artikel memang kadang diperlukan agar blog semakin diketahui banyak orang. Namun pada kondisi tertentu, terlalu sering share artikel blog apalagi di group dimana anggotanya satu profesi dengan kita bisa jadi boomerang bagi terjaganya akun adsense kita. Bisa jadi mereka menganggap blog kita sebagai saingannya sehingga mereka akan berusaha menjatuhkan blog kita. Untuk mengantisipasinya, hindari untuk banyak sharing Url blog, cukup usahakan pengunjung datang dari pencarian organik agar lebih aman bagi blog kita. 

3. Melaporkan Bom Klik Kepada Google Adsense

Meski sudah berusaha semaksimal mungkin untuk terhindar dari bom klik, tidak menutup kemungkinan hal itu masih saja bisa terjadi, baik karena sengaja atau pun tidak sengaja. Jika sudah demikian, maka segera lakukan tindakan untuk melindungi akun adsense dengan melaporkan terjadinya bom klik tersebut. Dengan segera lapor, maka kita akan dianggap proaktif sehingga pihak google adsense akan segera menindak lanjuti hal tersebut agar tidak berdampak buruk bagi akun adsense kita. Selengkapnya baca: Cara Melaporkan Terjadinya Bom Klik Kepada Google Adsense

4. Memasang Script Anti Bom Klik

Untuk mengantisipasi terjadinya bom klik, biasanya beberapa blogger ada yang menyarankan untuk memasang script anti bom klik di blog yang memasang iklan adsense. Ada banyak script anti bom klik yang dibagikan oleh para blogger, namun pengalaman saya, tidak semua script tersebut bisa berfungsi dengan baik. Mungkin bisa jadi script tersebut tidak cocok di template blog saya ini. Namun saat saya pakai script yang sampai saat ini masih saya pakai di blog ini, tampaknya blog saya aman-aman saja. 

Sudah beberapa bulan blog ini aman dari aktivitas blom klik, baik itu karena scriptnya bekerja dengan baik, atau pun karena memang tidak ada yang melakukan bom klik terhadap blog saya ini. Jika anda sedang mencari script anti bom klik yang masih berfungsi dengan baik, tidak ada salahnya anda bisa pakai script anti bom klik yang saya pakai di blog ini. Berikut cara memasangnya:

1. Buka akun blogger anda

2. Pilih menu tema dan klik edit html

3. Cari kode </head> dan letakkan kode berikut ini di atasnya

<script type=’text/javascript’> //<![CDATA[ function downloadJSAtOnload(){var e=document.createElement(“script”);e.src=”https://cdn.jsdelivr.net/gh/Arlina-Design/view@master/clickonme.js”,document.body.appendChild(e)}window.addEventListener?window.addEventListener(“load”,downloadJSAtOnload,!1):window.attachEvent?window.attachEvent(“onload”,downloadJSAtOnload):window.onload=downloadJSAtOnload; Arlina.init({click:3,interval:23000}); //]]> </script>

Dengan adanya script anti bom klik ini, maka secara otomatis akan menyembunyikan iklan apabila seseorang telah mengklik iklan sebanyak 3 kali pada satu IP address. Hal ini pun bisa mencegah seseorang agar tidak melakukan klik berulang-ulang terhadap iklan di blog kita, sehingga blog akan tetap aman. 

Sebetulnya, mungkin hal ini tidak begitu berpengaruh bagi blog-blog besar yang memiliki jumlah pengunjung puluhan ribu per harinya. Namun bagi blog-blog kecil yang masih dalam tahap berkembang, terjadinya bom klik bisa berbahaya bagi blog-blog tersebut, sehingga perlu diantisipasi dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan memasang script ini. Demikian, semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait