Memasang Lazy Load Adsense Agar Loading Blog Menjadi Cepat

Dapat diterima sebagai penayang iklan google adsense memang menjadi keuntungan tersendiri bagi sebagian blogger. Meski uang bukan menjadi tujuan utama ngeblog, tapi paling tidak ada hasil yang ia dapatkan dari jerih payah karyanya yang ia buat dan publish di blognya.

Meskipun demikian, memang tidak dapat dipungkiri bahwa adanya tampilan iklan di blog pastinya berpengaruh bagi kecepatan loading blog tersebut. Kita bisa mengeceknya misalnya menggunakan tool online gtmetrix untuk menganalisa kecepatan blog kita. Hasilnya, script-script dari iklan adsense akan tercatat sebagai penyebab loading blog sehingga menjadi semakin lambat.

Untuk mengatasi hal itu, ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar loading blog tidak menjadi semakin berat. Selain memasang jumlah iklan secukupnya saja, jika masih memungkinkan kita juga bisa kurangi widget yang tidak begitu berguna agar tidak semakin menjadi beban bagi loading blog. Atau salah satu solusi lain yang banyak disarankan adalah menggunakan satu script Asinkron Adsense untuk semua unit iklan, sehingga load halaman bisa lebih cepat tanpa perlu lagi memasang script Js adsense yang sama pada setiap unit iklan yang kita pakai. 

Namun jika cara-cara tersebut sudah diterapkan dan anda merasa loading blog tetap lambat saat anda mengeceknya kembali menggunakan gtmetrix, mungkin anda bisa menggunakan apa yang disebut lazy load adsense.

Lazy load adalah script javascript yang berfungsi untuk mempercepat loading blog dengan cara menunda penampilan gambar atau iklan yang ada di sebuah situs. Dengan menerapkan trik ini, maka blog akan lebih cepat saat loading awal karena tidak merender semua iklan yang ada. Iklan baru akan muncul setelah kita menggulir halaman hingga sampai pada tempat di mana iklan berada. 

Memasang lazy load
Memang penggunaan lazy load ini dapat mengurangi metrik keterlihatan iklan jika pengunjung tidak sampai menggulir halaman hingga ke bawah, namun tidak ada salahnya anda coba agar loading blog anda menjadi semakin cepat, sehingga nyaman juga bagi pengunjung blog anda.

Untuk cara pemasangannya, anda bisa ikuti tutorial berikut ini:

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih menu tema dan klik edit html. 

3. Cari kode </body> dan kemudian letakkan kode berikut ini di atasnya:
<script type=’text/javascript’>
//<![CDATA[
// Script Lazy Load For AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener(“scroll”,function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement(“script”);e.type=”text/javascript”,e.async=!0,e.src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”;var a=document.getElementsByTagName(“script”)[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>

4. Hapus semua kode link JS AdSense pada kode unit iklan AdSense anda. Kodenya seperti berikut ini:
<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>

Cukup satu javascript adsense saja yang terpasang pada lazy load agar script ini bisa berfungsi dengan baik. Oleh karenanya, pastikan kode Js Adsense di atas sudah dihapus semua, baik pada script iklan di dalam template postingan maupun di widget. 

5. Silahkan simpan kembali template anda.

Lihat hasilnya atau cek kembali kecepatan blog anda menggunakan gtmetrix. Skor pun akan naik menjadi lebih baik. Demikianlah Cara Memasang Lazy Load Adsense Agar Loading Blog Menjadi Cepat. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait