Melindungi Situs (Blog) dari Blog AGC dengan Perpendek RSS Feed

Kembali membahas tutorial blogging, seperti tertera pada judul artikel di atas, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana cara melindungi situs blog agar aman dari jeratan blog AGC (Auto Generated Content), yakni cara mengantisipasi terjadinya pencurian artikel dengan cara memperpendek RSS Feed. Apa itu blog AGC?, dan apa pula itu RSS Feed?.

perpendek rss feed

Blog AGC (Auto Generated Content) merupakan istilah bagi situs web yang menghasilkan konten secara otomatis. Intinya, blog tersebut menyalin artikel milik orang lain secara keseluruhan dengan hanya mengambil URL Feednya saja, sehingga secara otomatis artikel akan tersalin tanpa perlu menulis postingan sendiri. Penggunaan teknik ini sebetulnya sangat dibenci oleh google, karena selain menipu pengunjung, aktivitas ini juga dapat merugikan blog milik penulis aslinya terkait artikel-artikel yang dicuri oleh blog AGC. 

Untuk mengantisipasi akan hal ini, bagi setiap blog memang diharapkan memproteksi situsnya dengan cara memperpendek RSS Feednya agar tidak mudah dicuri oleh blog-blog AGC. 

RSS Feed adalah sebuah file berformat XML yang digunakan untuk memfasilitasi para pengguna internet dalam memperoleh informasi di suatu blog dengan mudah. Dengan tersedianya RSS Feed, mereka pun akan dengan mudah mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada update artikel terbaru dari blog yang diikutinya dengan berlangganan RSS Feed yang disediakan oleh blog tersebut.

Namun sayangnya, fasilitas ini kadang kala dimanfaatkan oleh sebagian blogger (pemilik blog AGC) untuk bertindak curang dengan mencuri artikel-artikel original dari blog tersebut lewat RSS Feed yang terbuka. 

Secara default, pada umumnya RSS Feed pada suatu blog memang disetting secara terbuka sehingga setiap isi artikel blog tersebut akan ditampilkan secara keseluruhan dalam format RSS. Tampilan RSS Feed yang dibiarkan terbuka ini sangat rawan dari tindakan pencurian artikel karena bisa diakses secara bebas melalui tampilan RSS feednya. Solusinya, RSS mesti diperpendek agar tidak mudah dicuri oleh orang-orang tidak bertanggung jawab tersebut. 

Cara Perpendek RSS Feed


Mungkin kebanyakan blogger sudah menerapkan pengaturan ini untuk mengamankan situsnya, namun sebagian mungkin ada yang lalai, lupa atau bahkan mungkin kurang tahu tentang hal ini sehingga tidak memperhatikan RSS feed blog miliknya. Pada awalnya memang tidak terasa dampaknya, namun seiring waktu pastinya kita akan menyesal jika di kemudian hari kita mendapati artikel dicuri oleh orang lain dengan memanfaatkan celah kelemahan RSS Feed blog kita. 

Bagi pengguna blogspot, agar penerapan ini lebih maksimal, pastikan anda sudah mendaftarkan blog anda pada FeedBurner untuk nantinya diintegrasikan dengan RSS Feed blog anda. Bagi yang belum mendaftar FeedBurner caranya sangat mudah, anda bisa cari tutorialnya lewat pencarian google.

Setelah berhasil mendaftar, untuk mengecek Rss Feed blog anda silahkan pada address bar anda ketikkan seperti berikut ini:

namabloganda.blogspot.com/rss.xml

Jika artikel blog ditampilkan secara lengkap, berarti Rss Feed blog anda masih terbuka untuk diakses siapapun, sehingga agar lebih aman segera lakukan tindakan dengan cara memperpendek RSS Feed blog anda. Adapun langkah-langkahnya silahkan ikuti tutorial berikut ini:

1. Kunjungi kembali feedburner.com dan pilih pada blog yang ingin anda setting RSS Feednya. Tampilan akan seperti berikut ini:
buka feedburner

2. Silahkan pilih tab “Optimize” dan kemudian pilih “Summary Burner” seperti terlihat pada gambar diatas. Maka selanjutnya akan tampil halaman seperti berikut ini:

atur karakter rss feed

3. Tentukan jumlah karakter untuk Rss feed anda, dan tambahkan juga pesan untuk feed (seperti pada gambar di atas). Jika sudah, silahkan tekan tombol “Activate” dan kemudian “Save”, maka kemudian akan muncul tampilan bahwa anda telah sukses mengupdate feed blog anda. Lihat gambar di bawah:

sukses perpendek

4. Selanjutnya lihat pojok kanan kiri atas, dan kemudian pilih pada “Edit feed detail” untuk melihat alamat feedburner anda. 

catat rss feed

Silahkan catat Url feed yang tertera untuk nantinya anda tempelkan pada pengaturan feed blog yang telah anda daftarkan. 

5. Langkah berikutnya masuk pada akun blogger anda dan pilih pada menu Setting > Other. 

Pada pilihan “Allow Blog Feed” silahkan ubah menjadi “short”, dan pada kolom di bawahnya (Post Feed Redirect URL) isikan sesuai Url Feed yang anda catat pada langkah No. 4 tadi. 

pengaturan blogger

6. Jika sudah silahkan simpan pengaturan dan selesai. 

Untuk mengetahui hasilnya, silahkan cek kembali RSS Feed blog anda dengan ketikkan:

namabloganda.blogspot.com/rss.xml 

Hasilnya, RSS Feed pun akan menjadi pendek sehingga lebih aman dari tindakan sewenang-wenang blog AGC.

Demikianlah Tutorial Mengenai Cara Melindungi Situs (Blog) dari Blog AGC dengan Perpendek RSS Feed. Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait