Cara Update Postingan Lama Agar Jadi Postingan Terbaru di Blog

update postingan lama jadi baru

Saat sedang iseng mengunjungi artikel-artikel di blog milik sendiri secara acak, tidak jarang kita menemukan beberapa artikel lama dari beberapa tahun lalu yang cukup menarik perhatian. Setelah dibaca dan diamati kembali, ternyata artikel tersebut sebetulnya cukup bagus, berbobot dan berkualitas. Namun sayangnya, postingan tersebut tidak populer dan jarang dikunjungi pembaca sehingga akhirnya tenggelam dan hilang ditelan waktu. 

Atau juga, kita sering menemukan artikel-artikel lama yang membahas persoalan tertentu di sekitar kita dan ternyata pembahasannya masih sangat relevan dan bersesuaian dengan kondisi pada masa sekarang. Namun sayangnya, lagi-lagi artikel tersebut juga kalah bersaing dan akhirnya tidak pernah muncul ke permukaan. 

Sebagai manusia, lumrah memang jika kita lupa. Ada banyak alasan mengapa kita bisa lupa atas apa yang sudah pernah kita tuliskan. Mungkin keseluruhan artikel di blog kita itu jumlahnya sudah ratusan atau bahkan ribuan sehingga sudah banyak lupa dengan postingan-postingan lama yang ditulis saat blog masih kecil dan berumur jagung. 

Namun dari temuan-temuan itu, kita pun berpikir dan berangan-angan kalau saja artikel lama itu bisa muncul kembali ke permukaan, mungkin saja ia bisa bersaing kembali untuk mendapatkan pengunjung terutama dari hasil pencarian mesin telusur. Pertanyaannya kemudian, bisakah kita mengupdate artikel tersebut agar muncul kembali dan menjadi artikel baru (terkini) tanpa harus menulisnya secara ulang? 

Jawabannya bisa, dan blogger juga telah menyediakan fiturnya untuk kita manfaatkan. Artinya, kita tidak harus menulis artikel serupa atau menulis ulang lagi artikel tersebut. Kita cukup mengupdate tanggal postingannya agar berubah menjadi artikel baru. Namun sebelum diposting kembali, ada baiknya kita lengkapi lagi postingan tersebut dengan cara mengeditnya kembali agar tampak lebih fresh dan baru. Kita bisa merubah kata-katanya, memperbaiki atau menambahkan beberapa kalimat untuk memperkaya isi pembahasan, menambahkan gambar ilustrasi, dan lain sebagainya.
Bagaimana caranya?, silahkan ikuti langkah-langkah saya di bawah ini. 

1. Buka akun blogger anda. 

2. Buka menu postingan dan cari judul artikel tersebut melalui fitur pencarian yang tersedia. 

3. Setelah ketemu, silahkan buka postingan tersebut untuk mengupdatenya. 

4. Pada pengaturan di samping area posting, silahkan klik pada bagian Published on, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

postingan lama

Lihat yang saya tandai dengan kotak merah di atas. Artikel tersebut merupakan contoh artikel lama yang saya posting setahun lalu yaitu pada tanggal 7 Februari 2020. Agar berubah menjadi postingan terbaru, silahkan geser kalender dengan klik tanda panah sampai pada tanggal terbaru (hari ini). Atau anda juga bisa menggantinya pada tanggal yang tertera. 

Contoh: hapus Feb 7, 2020 dan ganti menjadi Mar 31, 2021. Kemudian sesuaikan dengan kalender di bawahnya. 

Anda juga bisa sekalian ganti jamnya bila perlu. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

postingan jadi baru

Cukup mudah bukan?. Ohya, sebelum diposting kembali silahkan edit/tambahkan kembali isi konten anda agar lebih lengkap, padat dan mantap. Kalau sudah, silahkan publish lagi dan postingan pun menjadi baru.

Demikianlah cara mengupdate kembali postingan lama agar menjadi postingan terbaru di Blog. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait