Cara Modifikasi Widget Follow by Email (Kotak Subscribe) Keren di Blog

Jika di media youtube ada yang namanya tombol subscribe, maka di blog (blogspot) juga ada fitur serupa yang berfungsi agar pembaca setia dapat selalu berlangganan atau mendapatkan kabar jika blog tersebut membuat artikel baru atau mengupdate postingannya. Fitur ini juga biasa disebut Follow by Email karena pelanggan akan mendapatkan kabar tersebut melalui email yang mereka kirimkan lewat fitur tersebut. 

Meski mungkin jarang digunakan, tidak ada salahnya anda memasang widget ini di blog anda. Kali aja nanti ada pembaca yang suka dengan artikel-artikel di blog anda sehingga tertarik untuk menjadi pelanggan tetap dan pembaca setia postingan-postingan dari blog anda. Dengan submit email, secara otomatis mereka akan mendapatkan pemberitahuan lewat email setiap kita update artikel terbaru, sehingga mereka pun tidak akan ketinggalan untuk bisa menikmati postingan-postingan terbaru yang kita miliki. 

Jika dicermati, sebenarnya fungsi widget ini cukup penting. Tapi entah kenapa jarang sekali pembaca yang memanfaatkan fitur ini. Padahal untuk menjadi subscriber blog kita, caranya sangat mudah dan gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Tidak perlu menunggu, mereka juga akan selalu diberi kabar lewat email jika ada postingan terbaru yang dipublish. Pemilik blog juga pastinya akan lebih semangat dalam mengelola blognya jika artikel-artikelnya disukai oleh para pembacanya. 

Bagi anda yang ingin memasang widget ini di blog anda, fitur ini telah tersedia di blogger dan kita tinggal menambahkannya pada menu tataletak (layout). Namun tampilan widget default blogger ini tampaknya standar saja sehingga kurang menarik dan perlu dimodifikasi lagi agar semakin keren dan elegan. Nah, untuk itu kali ini saya akan berbagi salah satu cara untuk memodifikasi tampilan widget Follow by Email tersebut agar lebih menarik di mata pembaca. Penampakannya akan seperti di bawah ini:

widget follow by email

Tertarik untuk membuatnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih menu thema dan klik edit html
3. Cari kode ]]></b:skin> atau kode </style> dan letakkan kode berikut ini di atasnya. 
.FollowByEmail .widget-content:before{content:&quot;Masukkan alamat email anda untuk berlangganan artikel terbaru dari Blog ini&quot;;display:block; padding:0 0 15px 0;font-weight:300}
.FollowByEmail .follow-by-email-inner .follow-by-email-address{
color: rgb(47,46,78);
width: 100%;
height: 30px;
font-size: 13px;
border: none;
background:#fff;
padding: 0 0 0 10px;
}
.FollowByEmail .follow-by-email-inner .follow-by-email-submit{
width: 60px;
margin-left: 8px;
padding: 0;
border: 0;
color: white;
background:#060;
font-size: 13px;
height: 30px;
z-index: 0;
border-radius: 2px;
font-family: Arial, Tahoma, Century Gothic, sans-serif;
}
.follow-by-email-inner .follow-by-email-submit:hover{
background:#060;
}
Keterangan: anda bisa ganti kalimat yang saya tandai merah dengan kalimat lain sesuka anda. 

4. Simpan template anda kembali. 

5. Buka menu tataletak (layout) dan klik pada tambahkan gadget (add gadget) yang berada di area footer. Selanjutnya silahkan pilih widget Follow by Email. 

pilih widget subscribe

Keterangan: Ganti Url di atas dengan Url feedburner blog anda. 

6. Klik simpan dan lihat hasilnya. 

Demikianlah tutorial kali ini tentang Cara Modifikasi Widget Follow by Email (Kotak Subscribe) Keren di Blog. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait