Cara Moderasi Komentar Blog Untuk Menghindari Komentar Spam

Keberadaan kolom komentar di bawah artikel blog berfungsi sebagai sarana untuk bertanya atau bertukar ilmu/ informasi bagi pengunjung yang bisa ditanggapi atau dibalas secara langsung oleh admin penulis blog. Komentar-komentar atau percakapan antara pengunjung dan admin blog ini bisa dilihat secara publik, sehingga tidak jarang pengunjung yang hendak bertanya bisa mendapat informasi dari percakapan pengunjung lain dan sang admin yang sudah membahas apa yang hendak ditanyakan. Fungsi kolom komentar memang dirasa cukup penting bagi perkembangan sebuah blog. 

Komentar yang dimoderasi

Namun keberadaan kolom komentar ini kadang dimanfaatkan pula oleh para oknum-oknum nakal (promo j*d*, p*k*r dll) yang menggunakan kolom komentar sebagai tempat promosi ‘jualannya’ dengan harapan mendapatkan link menuju situs mereka. Mereka biasanya berpromo di kolom komentar dengan meninggalkan link aktif yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan artikel yang dibahas. Keberadaan komentar-komentar yang dikategorikan spam ini cukup merugikan bagi pemilik blog, karena selain menodai kerja keras penulis, komentar seperti ini juga dapat menurunkan kualitas blog kita. Intinya, komentar-komentar spam ini bisa merusak reputasi blog kita di mata Google, sehingga jika dibiarkan peringkat situs kita juga ikut terkena dampak negatifnya.

Oleh karenanya, perlu ada tindakan khusus bagi pemilik blog agar kolom komentar blognya tidak menjadi ladang komentar-komentar nakal yang semakin merajalela ini. Ada beberapa blogger yang menyarankan untuk memasangi blog dengan kode tertentu yang secara otomatis akan menghapus link aktif yang ditanam oleh para spammer dalam kolom komentar. Dengan begitu komentar berisi link aktif akan langsung terhapus dengan sendirinya. Namun sebetulnya selain menggunakan cara demikian, kita juga bisa mengatur (setting) kolom komentar blog kita untuk bisa mengantisipasi munculnya komentar-komentar spam tersebut. Cara ini yaitu dengan memoderasi komentar.

Apa itu moderasi komentar?. Moderasi komentar bisa diartikan mengendalikan atau mengontrol setiap komentar yang masuk ke situs blog kita. Artinya, setiap komentar yang masuk akan kita seleksi terlebih dahulu sebelum lolos untuk tayang di blog kita. Adapun cara memoderasi komentar yaitu sebagai berikut:

Cara Memoderasi Komentar

1. Login ke akun Blogger anda

2. Pilih Setelan (Setting) Post, Komentar dan Berbagi. 

3. Pada pengaturan Lokasi komentar, anda bisa pilih pengaturan “Tersemat” (embedded) dan “Semua orang” (anyone) untuk siapa saja yang dapat memberi komentar. 

4. Pada pengaturan moderasi komentar pilih “Selalu” (always). Sedangkan pada kolom email bisa anda isi dengan email anda atau dikosongkan saja. Lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Setting moderasi komentar

Dengan memoderasi komentar, kita bisa mencegah munculnya komentar spam atau komentar kasar/kotor yang masuk ke blog kita. Hal ini karena setiap komentar-komentar yang masuk perlu persetujuan dari kita terlebih dahulu sebelum bisa ditayangkan. Untuk komentar yang tidak ada masalah bisa langsung kita publish dan kita tanggapi (balas). Namun jika komentar yang masuk termasuk ketegori spam, kita bisa langsung menghapus komentar tersebut atau memilihnya sebagai spam. 

Awaiting moderasi blog



Memang kekurangan dari moderasi komentar ini pengunjung tidak bisa secara langsung melihat komentar yang disampaikan. Namun untuk menghindari munculnya komentar spam yang bisa berakibat buruk bagi blog, itu lebih baik demi terjaganya kredibilitas blog kita. Demikianlah Cara Moderasi Komentar Blog Untuk Menghindari Komentar Spam. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait