Cara Menyembunyikan Iklan Adsense Pada Halaman Pencarian Blog

Agar iklan tidak muncul pada halaman pencarian

Kita tidak tahu macam-macam pengunjung yang membaca artikel dari blog kita. Seperti yang kita tahu, kebanyakan blog dijumpai kotak pencarian sebagai kelengkapannya. Saat pengunjung menggunakan fasilitas ini untuk mencari apa yang diinginkan terkait artikel kita mungkin itu bukan masalah. Namun menjadi masalah saat mereka dengan sengaja atau mungkin iseng mengetikkan kata kunci atau keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi dari situs kita. Terlebih jika misalnya mereka mencari hal-hal negatif yang dilarang oleh kebijakan adsense (sajam, dewasa dll).

Meskipun di situs kita tidak ada hal-hal yang seperti itu, namun dari hasil pencarian yang mereka ketikkan akan menghasilkan URL yang berisi hal negatif yang dicari. Dan jika iklan adsense ditampilkan pada hasil pencarian tersebut maka bisa-bisa kita akan mendapatkan sebuah peringatan bahwa halaman tersebut melanggar kebijakan adsense sehingga akun kita bisa-bisa akan dibanned.

Selain hal di atas, alasan lain kenapa iklan adsense harus disembunyikan pada halaman pencarian adalah saat ada pengunjung yang menggunakan kotak pencarian untuk mencari apa yang memang tidak ada di situs kita. Maka hasil pencarian yang muncul juga akan kosong. Hal ini juga bisa menjadi penyebab akun anda dibanned, karena pada halaman tersebut tidak terdapat sebuah konten. Untuk berjaga-jaga, tampilan halaman yang error juga sebaiknya kita sembunyikan agar akun adsense kita tetap aman. 

Dari alasan-alasan di atas kita tahu bahwa penempatan iklan adsense pada halaman hasil pencarian memang sangat beresiko. Google adsense memang cukup ketat terkait kebijakan yang harus dipatuhi oleh setiap publishernya. Oleh karenanya, kita harus benar-benar teliti dalam mengelola blog kita agar jangan sampai terdeteksi melakukan pelanggaran. Berbagai langkah antisipasi juga harus kita lakukan untuk menjaga akun adsense kita agar tetap aman, termasuk salah satunya yaitu menyembunyikan iklan agar tidak muncul pada hasil pencarian. 
Setelah mengetahui alasan-alasan penting di atas, sekarang kita lanjut mengenai cara menyembunyikan iklan adsense agar tidak muncul di halaman pencarian. Langkah-langkahnya yaitu:

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih tema dan klik edit html. Cari kode iklan yang sebelumnya ditaruh pada widget anda. 

3. Setelah ketemu, anda lihat di bagian bawahnya akan ada kode seperti ini:

<b:includable id=’main’>

Tambahkan kode berikut ini tepat di bawah kode tersebut: 

<b:if cond=’data:blog.searchQuery’>
<b:else/>

4. Setelahnya gulir ke bawah lagi dan cari kode:

</b:includable>

Letakkan kode penutup berikut ini di atas kode tersebut:

</b:if>

5. Klik simpan template.

Lakukan cara di atas pada kode iklan adsense anda lainnya. Maka iklan tidak akan tayang pada halaman pencarian anda. 

Jika anda ingin yang lebih lengkap, yaitu menyembunyikan iklan pada halaman pencarian, halaman label dan halaman error, maka anda bisa ganti kode di atas dan gunakan kode di bawah ini: 

<b:if cond=’data:blog.pageType == “index” and data:blog.url != data:blog.homepageUrl’>
<b:else/>
<b:if cond=’data:blog.pageType != “error_page”‘>

——-Kode-kode-kode——-

</b:if>
</b:if>

Anda juga bisa menerapkan cara-cara di atas pada kode iklan yang anda pasang langsung pada template (misal pada iklan auto ads). Caranya langsung letakkan kode-kode tersebut sebelum dan sesudah kode iklan anda. 

Demikianlah Cara Menyembunyikan Iklan Adsense Pada Halaman Pencarian Blog. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait