Cara Menyembunyikan atau Memunculkan Widget Hanya pada Tampilan Beranda (Home) Blog

Beranda (home) blog adalah wajah sebuah blog, sehingga tampilannya juga mesti diperhatikan agar menarik bagi pengunjung blog kita. Salah satunya yaitu berkaitan dengan widget yang terpasang di blog kita. Pada dasarnya, tampilan widget yang ditambahkan baik melalui menu tata letak atau lewat edit html (selain dalam isi postingan), biasanya akan muncul baik pada tampilan beranda depan (home), tampilan halaman postingan atau halaman statis.

Jika kita perhatikan, ada widget-widget tertentu yang sebenarnya meskipun penting untuk dimunculkan pada halaman postingan, namun tidak perlu untuk dimunculkan di beranda blog. 

Widget recent post atau artikel terbaru memang cukup penting jika dimunculkan pada halaman postingan. Hal ini perlu agar saat pengunjung membaca salah satu artikel kita, mereka bisa melihat daftar postingan terbaru kita yang muncul di sidebar, sehingga kemudian tertarik untuk membacanya.

Meski begitu, kemunculan widget recent post ini justru menjadi semacam pemborosan saat muncul di tampilan beranda (home) kita. Mengapa demikian?. Ya karena secara tidak langsung isi tampilan home pada umumnya juga berisi artikel yang baru saja dipublish, sehingga adanya widget recent post ini justru sia-sia keberadaannya. 

Begitu pula sebaliknya, ada widget-widget tertentu yang mungkin lebih cocok muncul hanya di tampilan beranda saja, sehingga pada tampilan halaman posting atau halaman statis sebaiknya disembunyikan saja keberadaannya.

Apakah kedua fungsi ini, yakni menyembunyikan widget pada beranda blog atau memunculkan widget hanya pada tampilan beranda blog ini bisa diterapkan di blog kita?. Jawabannya bisa dan mudah sekali untuk diterapkan. Kita hanya perlu sedikit trik dengan menambahkan beberapa kode pendek ke dalam menu edit html untuk menciptakan kedua fungsi tersebut. 

Cara Menyembunyikan Widget pada Tampilan Beranda Blog

Contoh penerapan:

Recent post tidak muncul di beranda
Recent posts tidak muncul di home, tapi muncul di postingan/statis

1. Buka akun blogger anda

2. Pilih menu thema dan klik edit html

3. Sebelumnya cari terlebih dulu kode widget yang hendak disembunyikan pada tampilan home.

4. Jika sudah ketemu, lihat pada bagian bawahnya dan cari kode <b:includable id=’main’> dan letakkan kode berikut ini di bawahnya:

<b:if cond=’data:blog.homepageUrl != data:blog.url’>

Setelahnya, cari lagi di bawahnya kode </b:includable> dan letakkan kode penutup ini di atasnya:

</b:if>

Jika fitur ditambahkan langsung ke dalam edit html (bukan lewat tambahkan gadget pada menu tata letak), maka letakkan kode di atas sebagai pembuka dan penutup kode pada fitur tersebut. 

5. Silahkan simpan tema. 

Cara Agar Widget Hanya Muncul di Tampilan Beranda Blog saja

Contoh penerapan:

Slider hanya muncul di home
slider hanya muncul di home, lain tidak

Untuk fungsi kedua ini, cara penempatannya sama seperti cara pada fungsi pertama. Setelah kode widget ditemukan, letakkan kode berikut ini yang berfungsi untuk memunculkan widget tersebut hanya pada tampilan beranda blog saja. Berikut kodenya:

<b:if cond=’data:blog.url == data:blog.homepageUrl’>

……. 

</b:if>

Jika sudah diterapkan, silahkan simpan kembali template anda. 

Demikianlah tutorial Cara Menyembunyikan Widget di Tampilan Homepage (Beranda) atau Memunculkan Widget Hanya pada Tampilan Beranda Blog.

Selain untuk menghindari pemborosan, kedua fungsi tersebut juga bisa diterapkan untuk menunjang kecepatan loading blog agar semakin ringan saat dibuka pada tampilan tertentu. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait