Cara Mengatasi Bullets dan Numbering Tiba-Tiba Hilang di Postingan Blog

Ketika sedang mengecek beberapa postingan, tiba-tiba saya tersentak ketika menjumpai bahwa ada sesuatu yang hilang di dalam postingan-postingan tersebut. Ya, tampilan list bullets dan numbering yang biasanya saya gunakan untuk menyebutkan penjabaran tertentu tiba-tiba hilang, menyisakan tulisan/teks kalimat berderet dari atas ke bawah yang mungkin bisa menjadikan salah paham bagi pembacanya. 

mengatasi bullets

Dalam sebuah postingan, bullets dan numbering memiliki peran penting agar pembahasan artikel tampak lebih terstruktur, sistematis, dan mudah dipahami. Mungkin kebanyakan dari kita sudah mengetahui cara penerapannya. Namun bagi yang belum tahu, anda bisa menambahkannya lewat fitur yang tersedia di blogger saat anda sedang menuliskan postingan. Lihat gambar di bawah ini:

setting add bullet
cara menambahkan bullets & numbering
Saya sendiri awalnya tidak tahu kenapa tampilan bullets ini tiba-tiba menghilang di postingan-postingan blog saya. Padahal sebelumnya tidak pernah terjadi hal seperti ini. Setelah saya cermati, ternyata tampilan bullet-bullet ini menghilang setelah saya menambahkan beberapa kode ke dalam template untuk mengubah tampilan komentar menjadi seperti versi template baru. Mungkin di blog anda, alasannya bisa saja berbeda. Namun untuk cara mengatasinya sepertinya sama saja. 

Alhamdulillah kini tampilan bullets dan numbering di blog saya ini telah muncul kembali. Lihat contoh penggunaan bullets di bawah ini:
  • Ayam kampung
  • Ayam ketawa
  • Ayam pelung
  • Ayam kedu

Atau contoh numberingnya:

  1. Ikan nila
  2. Ikan bawal
  3. Ikan mujair
  4. Ikan gurame
Nah, bagi anda yang sedang mencari solusi untuk memperbaiki list bullet dan numbering hilang agar muncul kembali di blog anda, caranya adalah sebagai berikut. 

Memperbaiki Bullet dan Numbering Agar Muncul Lagi

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih menu thema dan klik edit html.

3. Cari kode ]]></b:skin> atau </style> dan letakkan kode berikut ini di atasnya. 
.post ul,.post ol{margin:20px;margin-top:5px}
.post ol li{list-style-type:Decimal;padding-left:1px;margin:5px 0 0 20px}
.post ul li{list-style-type:Disc;padding-left:1px;margin:5px 0 0 20px}
.widget .post-body ul {padding: 0 1em;margin: 0.5em;line-height: 1.3;}
4. Simpan kembali template anda. 

Silahkan anda bisa lihat hasilnya. Dengan cukup menambahkan CSS di atas, biasanya masalah akan teratasi karena sudah diatur dan ditangani oleh kode-kode tersebut. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait