Cara Menambahkan Scroll Pada Tampilan Komentar Blog (Cocok Bagi Blog Banyak Komentar)

scroll komentar blog

Semangat ngeblog akan semakin membara manakala mengetahui bahwa blog kita mendapatkan banyak atensi dari para pengunjung setianya. Entah itu berupa pujian, saran, pertanyaan, atau bahkan kritikan, sebagai pemilik blog tentu kita akan merasakan dampak tertentu (senang, sedih, marah, termotivasi) ketika mendapati bahwa ternyata pengunjung banyak menaruh perhatian besar dengan mensupport dan peduli atas hasil karya tulisan-tulisan kita. 

Selain lewat halaman kontak (about) atau langsung via email, pengunjung memang lebih sering memanfaatkan kolom komentar sebagai ajang untuk berinteraksi, bersilaturahim, bertanya-jawab, berdiskusi, berdebat, bercanda, curhat, atau bahkan sekedar menulis unek-uneknya kepada admin pemilik blog. Oleh karenanya, tidak jarang kita mendapati suatu artikel bisa memiliki jumlah komentar yang begitu banyaknya, bahkan sampai menjalar ke bawah bak akar tunggang yang semakin menghujam ke bawah permukaan bumi. 

Memang menyenangkan punya banyak komentar dari pengunjung. Tapi jika komentar terlalu banyak, hal itu juga bisa membuat loading blog melambat sehingga bisa berdampak negatif bagi perkembangan blog. Selain itu, komentar yang terlalu banyak dan panjang juga membuat tampilan blog jadi kurang rapi karena memakan banyak tempat. Pengunjung tertentu juga bisa bingung dan sebal mendapati kenyataan seperti itu sehingga justru malah jadi tidak kerasan dengan blog kita. 

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Pertama, yaitu dengan cara membuat tombol buka tutup pada komentar, sehingga pengunjung mesti mengklik tombol tersebut untuk bisa melihat isi komentar. Jika anda berminat, tutorialnya bisa anda baca pada link artikel di bawah ini:

Sedangkan cara kedua, kita bisa mengatasinya dengan menambahkan efek scroll pada komentar, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menggeser kolom komentar-komentar tersebut ke bagian bawah jika ingin turut serta memberikan komentarnya. Dengan adanya efek scroll ini, tampilan blog juga menjadi terlihat rapi dan lebih mudah untuk dijelajahi. 
Bagi anda yang ingin memasangnya di blog anda, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

Membuat Efek Scroll Pada Komentar Blog

1. Buka akun blogger anda.

2. Pilih menu thema dan klik edit html.

3. Selanjutnya silahkan cari kode berikut ini: 
<div class=’comments’ id=’comments’>
Jika sudah ketemu, silahkan ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini:
<div class=’comments’ id=’comments’ style=’max-height:300px;overflow:auto;’>
Berikut ini contoh tampilan lengkap kodenya di dalam template sebelum diganti dan setelah diganti. 

Sebelum diganti:

Cara Menambahkan Scroll Pada Tampilan Komentar Blog (Cocok Bagi Blog Yang Banyak Komentarnya)

Setelah diganti:

Cara Menambahkan Scroll Pada Tampilan Komentar Blog (Cocok Bagi Blog Yang Banyak Komentarnya)

5. Simpan kembali template anda. 

Silahkan anda bisa lihat hasilnya pada artikel yang memiliki beberapa komentar di blog anda. Jika tampilan halaman komentar terlalu sempit, anda juga bisa mengganti ukuran di atas (300px) misal menjadi 400px, 500px dan seterusnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait