Cara Membuat Widget Artikel Terbaru Ringan Tanpa Javascript

Bagi penggila blog dengan loading ringan agar semakin cepat saat diakses, sebagian blogger berusaha untuk membuat fasilitas fitur atau widget di blognya seminimalis dan sesederhana mungkin agar sesuai dengan kehendaknya. Dengan demikian, fungsi utama widget tetap bekerja namun tidak begitu menghambat laju kecepatan loading blog.

Memang cepatnya loading menjadi perhatian utama bagi sebagian blogger, karena blog yang ringan pastinya akan lebih disukai oleh google dan tentunya juga pengunjung yang membacanya. Betapa tidak, pengunjung pastinya akan malas untuk membuka suatu blog jika loadingnya lambat, sehingga akhirnya mereka pun meninggalkan blog tersebut dan beralih mencari blog dengan loading lebih ringan dan cepat.

Ada banyak cara untuk merealisasikan akan hal itu. Salah satunya yaitu dengan meminimalisir penggunaan gambar atau penggunaan javascript untuk sebuah fitur. Di antara fitur yang sering dipasang di blog salah satunya yaitu widget Artikel terbaru atau recent post.

Keberadaan widget artikel terbaru ini memang cukup penting, sehingga meskipun sebenarnya isinya sama dengan tampilan beranda (home), banyak blogger yang memasang widget ini. Widget ini akan bekerja maksimal misalnya saat pengunjung sedang membaca artikel di blog kita, sehingga dengan mengetahui daftar artikel terbaru pada widget, ia mungkin akan tertarik untuk membaca postingan-postingan terbaru di blog kita.

Saya sendiri memasang widget ini agar muncul di selain tampilan beranda, sehingga hasilnya lebih optimal dan maksimal. (baca: Cara Menyembunyikan atau Memunculkan Widget Hanya Pada Tampilan Home) 

Pada umumnya, widget berisi postingan-postingan terbaru ini biasanya dibuat menggunakan javascript, dengan tampilan menarik berupa gambar, jumlah komentar, atau sedikit kalimat pembuka artikel, sehingga pastinya ada pengaruh pada kecepatan loading. Namun bagi anda yang menghendaki widget artikel terbaru dengan loading ringan dan cepat, anda mungkin bisa menggunakan salah satu fitur di blogspot yakni widget feed.

Dengan membuat recent post menggunakan widget feed, maka tampilan widget akan lebih sederhana hanya berupa judul artikel sehingga loading blog akan sangat ringan karena tanpa javascript tambahan. Tanpa mengurangi fungsinya, blog anda pun tetap dapat memiliki widget artikel terbaru dengan loading ringan dan cepat. 

Widget artikel terbaru menggunakan feed

Bagaimana cara membuatnya?. Caranya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih menu layout (tataletak). 

3. Pada bagian sidebar, silahkan klik tambahkan gadget. 
Pasang widget di sidebar

3. Cari widget bernama feed dan kemudian tambahkan. 

Pilih widget feed

4. Setelah terbuka, masukan kode berikut ini ke dalam kotak yang tersedia:

https://namabloganda.com/feeds/posts/default


Pengaturan Widget artikel terbaru

Keterangan
  • Ganti tulisan berwarna merah dengan URL blog anda. 
  • Ganti judul widget dengan “Artikel Terbaru”, Recent Post atau apapun terserah anda. 

5. Silahkan sesuaikan pengaturan di bawahnya dan klik simpan. Untuk background akan menyesuaikan dengan tampilan blog anda. 

Atau jika anda menginginkan tampilan widget berdasarkan label tertentu, anda bisa ubah kode pada kotak widget feed tadi dan gantikan dengan kode berikut ini:

https://namabloganda.com/feeds/posts/default/-/Label

Keterangan: silahkan ganti “Label” dengan kategori (label) yang anda kehendaki. 

Demikianlah Cara Membuat Widget Artikel Terbaru Ringan Tanpa Javascript. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait