Cara Memasang Kotak Penelusuran Sitelink di Blog

Sebelum mengetahui apa itu kotak penelusuran sitelink, terlebih dahulu coba anda ketikkan judul/nama Blog anda di mesin pencarian google. Setelah anda klik enter atau tombol pencarian, lihat bagaimana hasilnya?. Apa yang muncul di hasil pencarian google?. Selanjutnya coba ketikkan judul atau nama blog saya ini (Santos Blog) di mesin pencari google?. Apa yang muncul di bawah nama dan deskripsi blog saya?

kotak penelusuran sitelink blog

Ya, tampilan bersusun dari hasil pencarian nama blog itulah yang biasa disebut dengan kotak penelusuran sitelink. Keberadaan kotak penelusuran sitelink ini cukup penting bagi pengoptimalan mesin pencari dalam meranking halaman blog kita. Pusat google penelusuran juga menyebutkan bahwa kotak penelusuran sitelink adalah cara cepat bagi orang-orang untuk menelusuri situs atau aplikasi kita di halaman hasil penelusuran. Kotak penelusuran ini menerapkan saran real-time dan fitur lainnya.

Pada dasarnya, Google Penelusuran dapat otomatis menampilkan kotak penelusuran yang dicakupkan ke situs kita saat situs muncul sebagai hasil penelusuran. Tampilannya bisa berbeda-beda pada tiap-tiap web/blog. Ada yang terdiri dari dua kolom, empat kolom, enam kolom, dst. Link-link yang muncul pada kolom tersebut biasanya bisa berupa halaman statis seperti about, kontak, sitemap, ataupun beberapa judul artikel populer yang terdapat di blog kita. 
Biasanya, kotak penelusuran sitelink ini akan diberikan google kepada situs-situs web/blog yang telah memiliki satu atau beberapa artikel yang berhasil masuk halaman page one di hasil pencarian. Artinya, kita tidak perlu melakukan apa pun untuk mewujudkannya. Meskipun begitu, tampilan sitelink otomatis ini seiring waktu kadang bisa berubah-ubah jumlahnya, atau bahkan menghilang, namun kemudian di lain waktu bisa muncul lagi. 
Agar kotak penelusuran sitelink tetap muncul dan stabil jumlahnya, kita dapat secara eksplisit memberikan informasi dan mengontrol aspek tertentu dari kotak penelusuran sitelink dengan menambahkan data terstruktur WebSite. Tujuannya yaitu agar dapat membantu Google memahami situs kita dengan lebih baik. 

Cara Membuat dan Mengaktifkan Kotak Penelusuran Sitelink Blog

Untuk memasang Kotak Penelusuran Sitelink di Blog, kita bisa mengikuti panduan sebagaimana yang telah dijelaskan pada Pusat Google Penelusuran. Caranya yaitu dengan menambahkan beberapa kode ke dalam template blog untuk menambahkan data terstruktur WebSite. 

Atau, anda juga bisa menggunakan kode untuk sitelink seperti yang saya pasang di blog saya ini. Kodenya yaitu sebagai berikut:
<script type=’application/ld+json’>
{
&quot;@context&quot;: &quot;https://schema.org&quot;,
&quot;@type&quot;: &quot;WebSite&quot;,
&quot;url&quot;: &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;,
&quot;name&quot;: &quot;<data:blog.title/>&quot;,
&quot;alternateName&quot;: &quot;<data:blog.title/>&quot;,
&quot;potentialAction&quot;: {
&quot;@type&quot;: &quot;SearchAction&quot;,
&quot;target&quot;: &quot;<data:blog.homepageUrl/>search?q={search_term_string}&amp;max-results=8&quot;,
&quot;query-input&quot;: &quot;required name=search_term_string&quot;
}
}
</script>
Letakkan kode tersebut di bawah deretan kode <head> kemudian simpan kembali template anda. 

Setelah berhasil memasang dan mengaktifkan Kotak Penelusuran Sitelink, silahkan tunggu beberapa waktu agar google melakukan index ulang pada blog/website anda. Jika blog telah dinilai layak oleh google, maka tampilan Kotak Penelusuran Sitelink akan segera tampil di sana. Atau anda juga bisa mengeceknya lewat pengujian hasil kaya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait