Cara Memasang Dua Iklan Adsense di Tengah Postingan Blog dengan Jarak Disesuaikan

Mendapatkan penghasilan dari google adsense bagi seorang blogger merupakan buah dari jerih payah yang patut untuk disyukuri. Oleh karenanya, bagi kita yang sudah melewati tahap diterima sebagai publisher adsense, kita mesti bisa memaksimalkan blog kita agar selain memberi manfaat bagi yang membacanya, kita juga mendapat manfaat dengan penghasilan lewat layanan google adsense. Memang tidak mudah dan butuh waktu yang tidak sebentar untuk kita bisa segera memetik buah jerih payah kita itu, namun kita mesti yakin pasti ada jalan kesuksesan yang akan kita raih dengan menjadi blogger dan publisher adsense. 

Godaan dan rasa malas memang seringkali menjadi musuh besar bagi seorang blogger untuk bisa konsisten dalam mengelola dan mengembangkan blognya agar semakin dikenal dan dikunjungi banyak orang. Namun dengan usaha keras dan semangat pantang menyerah, pastinya apa yang kita perjuangan akan segera menuai hasilnya. Meski begitu, hendaknya kita jangan terlalu terbebani dengan aktivitas ngeblog yang kita jalani ini. Jadikan ngeblog sebagai hobi untuk menyalurkan hasrat menulis kita.

Terkait cara memaksimalkan penghasilan dari adsense, ada beragam cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya yaitu dengan menempatkan iklan-iklan di tempat-tempat strategis yang menguntungkan dan mudah dilihat oleh pengunjung sehingga mereka akan tertarik pada iklan yang kita pasang. Di antara tempat terbaik untuk penempatan iklan adsense yang berpotensi besar dalam mendongkrak penghasilan adalah iklan di dalam postingan (artikel). 

Berbeda dengan pemasangan iklan di bagian sidebar, header atau footer yang cukup mudah dengan fasilitas tambahkan widget, pemasangan iklan di bagian dalam postingan bagi pengguna blogspot memang sedikit rumit karena kita mesti melakukannya lewat edit html. Namun justru di sinilah spot terbaik untuk tempat iklan yang strategis. Blog saya ini juga banyak mendapatkan klik dari iklan-iklan yang berada di dalam postingan. Nah, pada tulisan kali ini, saya akan berbagi mengenai cara memasang dua iklan adsense di tengah postingan blog dengan penempatan yang bisa disesuaikan. 

Dua iklan di tengah postingan
dua iklan di tengah postingan


Mungkin ada banyak tutorial yang membahas tentang hal ini. Namun pengalaman saya sendiri sulit mendapatkan yang sesuai dengan keinginan kita. Biasanya, penempatan dua iklan di tengah postingan disesuaikan dengan jumlah paragraf, sehingga adakalanya jarak masing-masing iklan menjadi tidak pas, kadang terlalu jauh jika artikel panjang, atau kadang terlalu dekat jika tulisan tidak terlalu panjang. Sebagai contoh iklan diatur untuk muncul di bawah paragraf pertama dan keempat, maka sebanyak apapun jumlah paragraf yang terdapat dalam artikel itu, iklan akan selalu muncul di bawah paragraf pertama dan keempat. 

Memang sulit menemukan script untuk mengatur agar iklan bisa menyesuaikan jaraknya baik pada artikel panjang maupun artikel yang tidak terlalu panjang. Setelah mencari dan mencari, mencoba dan mencoba, akhirnya saya menemukan script yang lumayan bisa menjawab keinginan saya. Script ini menggunakan presentasi teks artikel, sehingga hasilnya lumayan bagus. Jarak antar iklan juga bisa menyesuaikan dengan panjang artikel sehingga tampilannya terlihat rapi dan tidak terlalu mengganggu. Dengan script ini, iklan bisa saja muncul di bawah paragraf pertama dan kedua, di bawah paragraf ketiga dan keenam, atau di bawah paragraf yang berbeda-beda sesuai dengan banyak sedikitnya jumlah paragraf yang terdapat pada artikel. Bagaimana penerapannya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka akun blogger anda

2. Pilih menu tema dan klik edit html
3. Cari kode <data:post.body/> dan ganti dengan script kode di bawah ini

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;’>
<div id=’ad-script1′>
<div style=’clear:both;’>
<center>

<— letakkan script iklan anda yang sudah di parse disini —>

</center>
</div>
</div>
</b:if>
</b:if>
<div id=’tgtp’>
<data:post.body/>
</div>
<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;’>
<div id=’ad-script2′>
<div style=’clear:both;’>
<center>

<— letakkan script iklan anda yang sudah di parse disini —>

</center>
</div>
</div>
<script type=’text/javascript’>
function insertAfter(tbh,tgt) {
var prt = tgt.parentNode;
if (prt.lastChild == tgt) {prt.appendChild(tbh);}
else {prt.insertBefore(tbh,tgt.nextSibling);}}
var tgt = document.getElementById(&quot;tgtp&quot;);
var ad1 = document.getElementById(&quot;ad-script1&quot;);
var ad2 = document.getElementById(&quot;ad-script2&quot;);
var tg1 = tgt.getElementsByTagName(&quot;p&quot;);
var tg2 = tgt.getElementsByTagName(&quot;br&quot;); 
var pt1 = tg1.length; var pt2 = tg2.length;
var ps1 = pt1*30/100; var ps2 = pt1*75/100;
var br1 = pt2*30/100; var br2 = pt2*75/100;
var bl1 = Math.round(ps1); var bl2 = Math.round(ps2);
var bk1 = Math.round(br1); var bk2 = Math.round(br2);
if (pt1 &gt; 2) {
insertAfter(ad1,tg1[bl1-1]); insertAfter(ad2,tg1[bl2-1]);
} else if (br2 &gt; 1) {
insertAfter(ad1,tg2[bk1-1]); insertAfter(ad2,tg2[bk2-1]);
} else {}
</script>
</b:if>
</b:if>

Keterangan: Angka-angka yang ditulis berwarna merah dapat anda atur dan sesuaikan menurut keinginan anda. Untuk yang berwarna hijau silahkan ganti dengan kode iklan anda yang sudah diparse terlebih dulu. 

4. Jika sudah, silahkan simpan kembali template anda dan lihat hasilnya

Oya, jika anda mau anda juga bisa menambahkan dua iklan lagi di atas artikel dan di bawah artikel dengan menambahkan script kode iklan anda lainnya di atas kode <data:post.body/> untuk iklan di atas artikel dan di bawah kode <data:post.body/> untuk iklan di bawah artikel. Demikian, semoga bermanfaat. Sumber: eltelu.blogspot.com

Artikel Terkait