Cara Memaksimalkan SEO Lewat Gambar Postingan Blog (Tag Alt + Title)

Ada banyak cara untuk membuat artikel agar bisa tayang di halaman teratas hasil pencarian. Salah satunya yaitu terkait faktor SEO. Meski sebenarnya saya sendiri tidak begitu tahu soal sejatinya SEO, teori atau cara kerjanya, setidaknya apa yang telah mereka lakukan bisa dilihat hasilnya, bahkan cukup memuaskan untuk beberapa artikel saya. Maaf, yang saya maksud di sini bukan dari jasa SEO, melainkan SEO yang benar-benar murni dari pertimbangan mesin pencari (google). Mohon dikoreksi jika kalimat saya ini keliru. 

agar gambar SEO

Di antara beberapa cara tersebut, salah satu yang kadang tidak terpikirkan, terlupakan, atau tidak dipedulikan banyak orang yaitu memaksimalkan SEO melalui gambar yang ada dalam artikel. Bagaimana caranya?. Caranya yaitu dengan selalu menambahkan atribut Tag Alt dan Title Alt ke dalam gambar. Cara ini sering terabaikan atau disepelekan, padahal teknik ini cukup berpengaruh dan sayang jika tidak dimaksimalkan. 

Gambar merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah artikel. Selain menjadi penjelas, penghias, atau untuk mengilustrasikan suatu pembahasan, gambar juga memiliki daya tarik yang cukup mumpuni dalam menjaring pembaca lewat hasil kerja mesin pencari. 
Mungkin ini juga salah satu alasan mengapa beberapa artikel blog saya ini (meski dari blogspot gratisan) cukup berani dan digdaya untuk bersaing dan bertengger di jajaran teratas hasil pencarian. Bahkan tidak jarang ketika saya baru saja memposting tulisan baru, saya coba ketikkan di mesin pencari google, kadang kala gambar postingan sudah muncul lebih dulu ketika dilihat pada pencarian lewat gambar. Padahal judul artikel dan deskripsinya saja belum muncul atau tampil belakangan. Atau kadang juga saya temui gambar sudah muncul tapi judul artikel malah kalah bersaing dan terdampar entah di urutan halaman ke berapa. 
Kiranya seperti itulah alasan mengapa pemaksimalan SEO lewat gambar postingan ini juga penting untuk dilakukan. Nyatanya, pengunjung pun tidak jarang mencari sebuah solusi lewat pencarian gambar agar bisa lebih spesifik mengetahui apa yang dibahas pada artikel tersebut lewat gambar yang muncul. Oke, tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ini cara (terbaru) mengatur tag alt dan title pada gambar untuk memaksimalkan SEO artikel blog. 

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih menu postingan. 

3. Buka postingan dan cari gambar di postingan tersebut. 

4. Klik pada gambar dan kemudian pilih pada setelan/ ikon seperti gerigi. 

setelan gerigi

5. Setelah diklik, silahkan isi kotak yang tersedia sesuai dengan Tag Alt + Title gambar tersebut. Contohnya seperti ilustrasi di bawah ini:

setting tag alt dan title

Keterangan:
  • No. 1: Isikan dengan maksud keterangan gambar. 
  • No. 2: Isikan dengan judul artikelnya. 
  • Kalau ribet isikan saja keduanya mengggunakan judul artikelnya. 
  • Terapkan pada setiap gambar di postingan blog anda. 
5. Klik UPDATE untuk menyimpannya. 

Itulah salah satu cara memaksimalkan SEO lewat gambar di postingan Blog. Dengan melakukan seperti di atas, maka niscaya artikel-artikel penting dan berbobot milik anda akan lebih mudah ditemukan oleh para pembaca budiman dan setia kawan yang membutuhkannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait